Posted on

Mengenal SAI easy paint tool dan Google sketchup

1.SAI

SAI atau Easy paint tool sai SAI (ペイント ツール SAI?) Adalah raster editor grafis ringan dan perangkat lunak lukisan untuk Microsoft Windows dikembangkan dan diterbitkan oleh Software SYSTEMAX. Pengembangan perangkat lunak mulai pada tanggal 2 Agustus 2004, dan versi alpha pertama dirilis pada tanggal 13 Oktober 2006. Rilis resmi SAI (1.0.0) adalah pada tanggal 25 Februari 2008, dan preview pembaruan dirilis tak lama setelah. Revisi akhir perangkat lunak, 1.1.0 dirilis pada tahun 2008. SYSTEMAX belum menerbitkan informasi baru atau update sejak, [1] dan 1.1.0 dianggap rilis final.

SAI adalah aplikasi lukisan ringan. User interface memungkinkan beberapa dokumen yang akan dibuka pada waktu yang sama. Kanvas gambar dapat menjadi diperbesar dan diputar dengan menggunakan slider pada navigator atau hotkeys dikonfigurasi pada keyboard. Toolbar di bagian atas layar juga termasuk tombol untuk mencerminkan pandangan gambar tanpa mencerminkan gambar yang sebenarnya. Hal ini juga memungkinkan untuk membuka viewports ganda untuk dokumen yang sama. Sebuah alas aplikasi-lebar (yang dapat digunakan sebagai panel pencampuran warna) disediakan, yang disimpan antara sesi. Warna dapat disimpan dalam panel swatch.

Berbagai alat raster gambar diimplementasikan, seperti Airbrush, Watercolor, Pen, dan Marker, yang semuanya dapat dengan mudah disesuaikan, dan disimpan dalam slot di user interface dari aplikasi. Ada juga satu set alat menggambar vektor ditujukan untuk tinta, yang, seperti alat raster, dapat dikonfigurasi untuk menjadi pena sensitif tekanan.

Pekerjaan dapat dilakukan pada lapisan yang terpisah, yang dapat dikelompokkan dan memiliki masker opacity. Selain itu, lapisan ini dapat ditutupi oleh kliping mereka ke lapisan yang lebih rendah. Hal ini memungkinkan seseorang untuk menambahkan shading dan highlight ke suatu daerah tanpa membuat masker baru untuk lapisan tambahan.

Ada juga gerakan pena dan fitur tekanan smoothing yang dapat dikonfigurasi secara manual untuk berapa banyak efeknya.

Alat seleksi meliputi seleksi persegi sederhana, laso, dan tongkat sihir, yang dapat dikonfigurasi untuk anti-aliasing. Ada juga sikat alat seleksi, yang dapat disesuaikan seperti kuas gambar.

SAI hadir dengan set lengkap alat transformasi yang dapat bekerja pada pilihan, termasuk memindahkan, mengubah ukuran, memutar, dan bebas (perspektif) mengubah. Setiap rangkaian transformasi dapat setup dan kemudian diterapkan sekaligus untuk pilihan tertentu meminimalkan pelunakan gambar. Ada dua peringatan dengan menggunakan alat transformasi yang sering membingungkan pengguna baru dan tidak dibuat jelas oleh jarang SAI termasuk dokumentasi bahasa Inggris.

Pertama, SAI termasuk beberapa alat untuk membuat pilihan, tapi hanya alat (karet) rectangular selection menunjukkan pilihan transformasi. Tapi itu tidak masalah bagaimana pilihan awalnya diciptakan, memilih alat seleksi persegi panjang maka akan menampilkan pilihan transformasi yang akan bekerja dengan baik dengan itu. Efektif alat tombol ‘rectangular selection’ (persegi panjang bertitik dalam palet tool) juga merupakan ‘membuat mengubah alat yang terlihat’ tombol alat.

Kedua, untuk menerapkan alat transformasi ke suatu pilihan pada lapisan vektor memerlukan langkah non-jelas tambahan. Setelah membuat pilihan raster dengan cara apapun, pengguna harus mengklik pilihan pada menu bar dan kemudian klik salah pilih poin atau pilih stroke dari menu drop-down setelah titik-titik yang dipilih akan disorot dan dipengaruhi oleh alat transformasi seperti yang diharapkan. Mereka poin tetap dipilih sampai menu dibuka lagi dan titik yang dipilih yang jelas diklik, bahkan jika pilihan lain raster dibuat. Pengguna cukup berpengalaman Banyak orang beranggapan bahwa alat transformasi tidak bekerja sama sekali pada lapisan vektor. Hal ini telah keliru diulang dalam beberapa artikel review dan pengguna disediakan tutorial di seluruh web, termasuk Wikipedia artikel ini pada satu titik.

Beberapa fitur-fitur umum yang ada di software yang serupa, seperti lapisan teks, gradien, dan bentuk alat, tidak dilaksanakan, seperti SAI berfokus pada menggambar dan melukis, sedangkan komposisi akhir ini sering dilakukan dengan menggunakan aplikasi lain. SAI menampilkan putih dan transparansi dengan cara yang sama, yang dapat menyebabkan perbedaan tampilan signifikan ketika mengekspor ke program lain, seperti Adobe Photoshop. Ada juga ada fungsi pencetakan, namun dokumen dapat diekspor dalam berbagai format populer, seperti PSD atau.. File BMP, di samping format asli SAI..

Karena program tersebut tidak fokus pada editing gambar, penyesuaian hanya hadir adalah Brightness / Contrast dan Hue / Saturation, dan karena itu tidak ada dukungan editing tingkat, saluran ekstraksi, dll Pengguna dapat menggunakan program lain untuk mengedit lebih kompleks, tapi ketika gambar dibawa kembali ke SAI, sifat-sifatnya dapat diubah.
Download dan Membeli

Program ini tersedia dalam bentuk percobaan gratis 31 hari, di mana pengguna memiliki akses penuh ke fitur program. Setelah periode ini berakhir, sebuah lisensi perangkat lunak harus dibeli dalam rangka untuk terus menggunakan semua fitur program, karena secara otomatis menonaktifkan penggunaan fitur “Open” dan “Simpan” setelah berakhirnya uji coba.
Bantuan Files

Sementara situs SYSTEMAX sayangnya tidak memberikan dukungan dan informasi yang sangat sedikit mengenai penggunaan program selain dari legalitas pembelian dan lisensi, perangkat lunak itu sendiri memiliki bagian yang mendalam bantuan merinci operasi perangkat lunak, kustomisasi dan fitur individu, yang dapat diakses di setiap saat dengan menggunakan tombol F1, atau “bagian Bantuan” pilihan. Penggunaan file-file yang tersedia sering dapat menjernihkan kebingungan tentang perangkat lunak dan fungsinya. Panduan online beberapa tutorial yang dibuat oleh masyarakat juga tersedia.
Kustomisasi

Berbagai pengaturan dan fitur dapat diakses dan diedit oleh pengguna baik dari dialog Options built-in, atau menggunakan file misc.ini disediakan dalam folder instalasi yang memungkinkan opsi tambahan dan kustomisasi. Preset sikat yang ada dapat diedit, dan pengguna memiliki pilihan yang menambahkan kustom dengan menempatkan file bitmap ke dalam folder “elemap”. Preset kanvas baru, serta tekstur sikat kustom dapat ditambahkan oleh pengguna, dalam bentuk grayscale bitmap.Image

2.Google Sketchup

SketchUp adalah program pemodelan 3D untuk berbagai aplikasi seperti arsitektur, sipil, film mekanik, serta desain video game – dan tersedia dalam bebas serta ‘profesional’ versi.

Program ini menyoroti kemudahan penggunaan,  dan penyimpanan online rakitan model (misalnya, jendela, pintu, mobil, rombongan, dll) yang dikenal sebagai Gudang Gambar 3D memungkinkan desainer untuk mencari, mengunduh, menggunakan dan berkontribusi model gratis. Program ini mencakup fungsi tata letak gambar, memungkinkan rendering permukaan dalam variabel “gaya,” mengakomodasi pihak ketiga “plug-in” yang memungkinkan kemampuan program lain (misalnya, dekat render realistis foto) dan memungkinkan penempatan model di dalam Google Earth.

Pada bulan April 2012, Google, pemilik sebelumnya SketchUp, mengumumkan akan menjual program untuk Trimble,  sebuah perusahaan terkenal untuk layanan lokasi GPS
Sejarah
Awal pembangunan

SketchUp ini dikembangkan oleh perusahaan startup @ Software terakhir dari Boulder, Colorado, co-didirikan pada tahun 1999 oleh Brad Schell dan Joe Esch

SketchUp debutnya pada bulan Agustus 2000 sebagai alat tujuan pembuatan konten 3D secara umum, dengan “3D untuk semua orang” tagline dan membayangkan sebuah program software “yang akan memungkinkan para profesional desain untuk menarik cara mereka inginkan dengan meniru rasa dan kebebasan bekerja dengan pena dan kertas dalam antarmuka yang sederhana dan elegan, yang akan menyenangkan untuk digunakan dan mudah dipelajari, dan yang akan digunakan oleh desainer untuk bermain dengan desain mereka dengan cara yang tidak mungkin dengan software desain tradisional. Ini juga memiliki tombol user friendly untuk membuatnya lebih mudah untuk menggunakan “.

Program ini memenangkan Choice Award Masyarakat di tradeshow pertama pada tahun 2000 Kunci keberhasilan awal adalah masa belajar yang lebih pendek daripada alat 3D lainnya.

Di bawah Google

Google mengakuisisi @ Software terakhir pada tanggal 14 Maret 2006,  tertarik dengan pekerjaan @ Software lalu yang mengembangkan plugin untuk Google Earth.

Pada tanggal 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, yang menampilkan alat-alat baru serta versi beta Google SketchUp LayOut. LayOut termasuk alat vektor 2D, serta alat-alat tata letak halaman dimaksudkan untuk memudahkan bagi para profesional untuk membuat presentasi tanpa melompat ke program presentasi pihak ketiga. Fitur lain yang ditambahkan untuk memungkinkan pengguna untuk mengusir dan memperluas serta kemampuan untuk wajah untuk “mengikuti” kursor di sekitar obyek.

Pada tanggal 17 November 2008, SketchUp 7 dirilis, menampilkan kemudahan penggunaan perbaikan, integrasi Browser Komponen SketchUp dengan Google 3D Warehouse, LayOut 2, komponen dinamis yang merespon tepat untuk scaling dan peningkatan kinerja API Ruby. Dukungan untuk Windows 2000 juga dihapus.

Pada tanggal 1 September 2010, SketchUp 8 dirilis. Perbaikan meliputi geolocation model dengan Google Maps, citra warna dan medan yang lebih akurat, sesuai dengan perbaikan foto, Bangunan integrasi Maker, dan thumbnail adegan. Dukungan untuk Mac OS X Tiger dijatuhkan dalam versi ini.
Di bawah Trimble

Pada tanggal 26 April 2012, Trimble mengumumkan akan membeli SketchUp dari Google. Kedua perusahaan akan “berkolaborasi dalam menjalankan dan mengembangkan lebih lanjut SketchUp Gudang 3D.” Pada tanggal 1 Juni 2012, Trimble menyelesaikan akuisisi SketchUp dari Google
Perizinan

SketchUp untuk Rumah dan Penggunaan Personal tersedia secara gratis. Versi komersial dari perangkat lunak – SketchUp Pro – menyediakan sejumlah tambahan, fitur-fitur canggih untuk penggunaan profesional. SketchUp Pro tersedia untuk pembelian langsung atau melalui jaringan reseller resmi di seluruh dunia.
SketchUp Pro untuk Pendidikan

Sepenuhnya salinan fungsional SketchUp Pro yang tersedia untuk mahasiswa, universitas dan pengguna akademik lainnya. Dengan lisensi gratis untuk fakultas dan diskon yang signifikan bagi siswa dan laboratorium, SketchUp Pro mudah untuk membelinya. Akademik, Pendidik dan Multi-User Jaringan Lab Lisensi didistribusikan hanya melalui jaringan reseller Trimble
Paten
Sebuah model mobil yang dibuat di SketchUp

SketchUp memegang US Patent 6.628.279 pada teknologi “Push / Pull”:

“Sistem dan metode untuk pemodelan tiga dimensi:. Sebuah desain tiga dimensi dan lingkungan pemodelan memungkinkan pengguna untuk menggambar garis, atau perimeter, objek secara dua dimensi, mirip dengan pensil dan kertas, sudah akrab bagi mereka Kedua -dimensi, wajah planar yang dibuat oleh pengguna kemudian dapat didorong dan ditarik dengan mengedit alat dalam lingkungan untuk volume model yang mudah dan intuitif tiga-dimensi dan geometri. “

Paten diterapkan untuk bulan November 2000, dan diberikan pada bulan September 2003.
Google SketchUp
Banyak eksportir 3D dan 2D yang berbeda tersedia di SketchUp untuk keperluan seperti rendering. Model ini dibuat dalam SketchUp dan diberikan di Kerkythea.

Pada tanggal 27 April 2006, Google mengumumkan Google SketchUp, versi bebas didownload dari SketchUp. Versi gratis yang hilang beberapa fungsi SketchUp Pro, tetapi mencakup alat yang terintegrasi untuk meng-upload konten ke Google Earth dan Google 3D Warehouse, repositori model dibuat dalam SketchUp. Sebuah toolbox baru memungkinkan pengunjung untuk berjalan-jalan dan melihat sesuatu dari sudut seseorang pandang, ia menambahkan label untuk model, alat-lihat sekitar, dan “setiap poligon” shape tool.

Versi gratis dari Google Sketchup 3D dapat mengekspor ke dae dan.. Kmz format file Google Earth. Versi Pro memperluas dukungan ekspor untuk memasukkan .3 ds,. DWG,. Dxf,. FBX,. Obj,. XSI, dan format file. WRL.

Google SketchUp juga dapat menyimpan ketinggian atau rendering dari model, yang disebut “screenshot”, seperti. Bmp, png,.. Jpg, tif,. Dengan versi Pro juga mendukung. Pdf,. Eps,. EPX,. DWG, dan. dxf.

Baik tersedia dalam format asli untuk Linux, atau Mac OS awal dari 10,5 . Namun, Sketchup v.8 penggunaan di bawah Wine telah dinilai “gold”.

Informasi lokasi GPS selalu disimpan dalam file KMZ . Desain Bangunan sendiri disimpan dalam SKP.
SketchUp dan Ruby

SketchUp 4 dan kemudian mendukung ekstensi perangkat lunak yang dikenal sebagai Ruby Ekstensi atau “rubi” yang ditulis dalam bahasa pemrograman Ruby dan meningkatkan kemampuan SketchUp dengan memungkinkan fungsi khusus. Pengembang dapat membuat Rubies mereka secara bebas tersedia di SketchUp Ruby Forum.  SketchUp juga memiliki konsol Ruby, yang merupakan lingkungan di mana pengembang dapat melakukan percobaan dengan perintah Ruby dan metode. Versi gratis dari SketchUp juga mendukung script Ruby, termasuk workarounds untuk impor versi gratis dan keterbatasan ekspor.

laptop_on_google_sketchup_by_tidus_sieg

referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/SketchUp

http://en.wikipedia.org/wiki/SAI_%28software%29

About these ads

About defikahendri

naik vespa sampai mati,gw dan vespa gw 2 sisi yang saling melengkapi :D bagaikan yin dan yang. menjerumuskan diri ke DKV STISI Telkom angkatan 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s